Kepribadian (Personality)

Consumer Behavior Class (Kelas Perilaku Konsumen) Tuesday afternoon
Departement of Family and Consumer Sciences
Collage of Human Ecology - Bogor Agricultural University

Lecturer : Prof.Ir Ujang Sumarwan, MSc

Session1 : www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Kepribadian
Oleh Mayor SKPM (Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat)
Collage of Human Ecology

Kepribadian adalah bagian dari beberapa karakter. Kepribadian ini akan terkait
dengan perilaku. Sedangkan, arti dari
karakter itu sendiri adalah karakter psikologis yang paling dalam dan
merefleksikan bagaimana seseorang bereaksi
terhadap lingkungan sekitarnya. Jika dalam studi konsumen, kepribadian merupakan
respon konsumen terhadap rangsangan
dari lingkungan.

hal-hal yang berkaitan : - menggambarkan perbedaan Individu
                         - menunjukkan konsistensi & berlangsung lama
                         - dapat berubah

Teori Kepribadian
- Teori Freud : teori ini menyatakan bahwa kepribadian manusia terdiri dari tiga
unsur yang saling berinteraksi, yaitu
Id, Superego, dan Ego.
Id adalah aspek biologis dalam diri manusia yang sudah ada sejak lahir, seperti
lapar, haus , seks dll
Superego adalah aspek psikologis dalam diri manusia yang menggambarkan sifat
manusia untuk patuh terhadap norma dan peraturan
Ego adalah unsur yang dapat dikendalikan dan berfungsi sebagai penengah antara
Id dengan Superego.
-Teori Ciri (Trait Theory) : teori ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam
mengukur kepribadian konsumen dengan
mengelompokkan kedalam karakteristik yang paling menonjol.
Psikografis dalam perilaku konsumen
- Segmentasi Pasar berdasarkan : geografis
                                 demografis
                                 psikografis : gaya hidup, kepribadian, dan value
                                 behavioral
Definisi gaya hidup adalah pola bagaimana orang hidup dan menggunakan uang
dan waktunya.Gaya hidup sangat mempengaruhi pola konsumsi seseorang.
Terlihat dari pilihan barang-barang yang dikonsumsinya.

TUGAS DISKUSI!
kelompok : M. Indra
           Ratu Anna R
           Putri Rodiah S
           Pia Adelia
           Lathiffida N J
Hasil : 
A. Kesamaan karakter yang kami miliki baik karakter positif atau negatif
Positif : pemaaf, ramah, penolong, penghibur, penyayang
negatif : pelupa, pemalas, pesimis, ceroboh, curigaan
B. Gaya hidup masyarakat sekitar
Menurut kelompok kami, gaya hidup masyarakat Indonesia adalah konsumtif karena
setiap ada produk baru, pasti ada saja masyarakat yang langsung membeli tanpa
berpikir panjang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s