BAB 4-Pengolahan Informasi

Consumer Behavior Class (Kelas Perilaku Konsumen) Tuesday afternoon Departement of Family and Consumer Sciences-

Collage of Human Ecology-Bogor Agricultural University

Lecturer : Prof.Ir.Ujang Sumarwan, MSc

Session 1 www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Manfaat mempelajari perilaku konsumen

Oleh Lathiffida N.J Mayor SKPM (Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat) Collage of Human Ecology

Pengolahan informasi terjadi saat konsumen menerima input dalam stimulus, stimulus ini dapat dalam bentuk barang atau  produk, merek, iklan, dan nama produsen.

Proses pengolahan informasi dimana konsumen terekspos oleh informasi, pemahaman diletakkan kedalam memori dan diingat kembali

Terdapat 5 tahap informasi :

Pemaparan -> menyebabkan konsumen menyadari stimulus melalui pancaindra
Perhatian -> kapasitas yang disediakan konsumen terhadap stimulus yang masuk
Pemahaman -> usaha konsumen untuk mengartikan stimulus
Penerimaan -> menyimpulkan stimulus setelah 3 diatas
Retensi -> proses memindahkan informasi ke jangka panjang

Sensasi dipengaruhi oleh :
Ambang Absolut (The Absolute Thresold) -> jumlah minimum energi stimulus yang diperlukan konsumen agar merasakan sensasi
(titik seseorang merasakan perbedaan ‘ada’ & ‘tidak ada’ dari suatu stimulus)
Perbedaan Ambang (Differential threshold) -> batas perbedaan (different threshold)

Formulasi Model Weber => delta I=I x K
ket: delta I : JND, perbedaan terkecil dr intensitas stimulus ; I: intensitas stimulus ; K: konstanta proporsi jumlah perubahan dalam stimulus agar bisa dirasakan

Faktor stimulus : ukuran, warna, intensitas kemunculan, posisi yang strategis, petunjuk untuk mengarahkan konsumen, gerakan, isolasi yang menggunakan white space, stimulus yang disengaja, pemberi pesan yang menarik, perubahan gambar yang cepat

Tiga prinsip dalam perceptual organization:
– figure and ground : mengkontraskan dua gambar
– grouping : membuat kelompok
– closure : berusaha memahami suatu objek yang utuh

memori :
– sensory : sementara
– jangka pendek : memiliki kapasitas terbatas
– jangka panjang : kapasitas tidak terbatas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s