PROSES BELAJAR KONSUMEN

Consumer Behavior Class (Kelas Perilaku Konsumen) Tuesday afternoon Departement of Family and Consumer Sciences-

Collage of Human Ecology-Bogor Agricultural University

Lecturer : Prof.Ir.Ujang Sumarwan, MSc

Session 1 www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Manfaat mempelajari perilaku konsumen

Oleh Lathiffida N.J Mayor SKPM (Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat) Collage of Human Ecology

Proses belajar merupakan proses dimana seseorang memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari konsumsi da pembelian yang akan diterapkan pada massa yang akan datang

Hal-hal penting:

  • proses yang berkelanjutan
  • pengalaman memainkan peranan dalam proses belajar
  • memiliki makna yang sangat kuat

Syarat proses belajar:

  • motivasi: daya dorong dari diri konsumen karena adanya kebutuhan
  • isyarat: stimulus yang mengarahkan motivasi mempengaruhi cara konsumen
  • respon: reaksi konsumen terhadap respon
  • pendorong: sesuatu yang meningkatkan konsumen untuk berperilaku pada masyarakat karena adanya stimulus

Jenis-jenis:

  • kognitif : proses  mental konsumen mempelajari informasi
  • perilaku: perubahan perilaku akibat pengalaman bukan akibat perubahan fisik
    *classical conditioning -> percobaan Pavlov
    *instrumental -> pengalaman membeli sesuatu berdasarkan reward yang dirasakan

Tiga penggunaan vicarious learning dalam strategi pemasaran

  • mengembangkan respon baru
  • mencegah respons yang tidak dikehendaki
  • memfasilitasi respon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s