Pengetahuan Konsumen

Consumer Behavior Class (Kelas Perilaku Konsumen) Tuesday afternoon Departement of Family and Consumer Sciences-

Collage of Human Ecology-Bogor Agricultural University

Lecturer : Prof.Ir.Ujang Sumarwan, MSc

Session 1 www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Manfaat mempelajari perilaku konsumen

Oleh Lathiffida N.J Mayor SKPM (Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat) Collage of Human Ecology

 

  • Pengetahuan konsumen adalah sejumlah pengalaman atau informasi tentang sesuatu yang dialami konsumen dan tersimpan dalam memory konsumen.
  • Jenis-jenis:
  1. pengetahuan produk: pengetahuan tentang karakteristik produk.

    tingkat pengetahuan produk: kelas produk->bentuk produk->merek->model

    manfaat produk: fungsional, psikosional, postif dan negatif

    segmentasi manfaat: manfaat produk dapat dijadikan
    dasar untuk melakukan
    segmentasi
    konsumen dapat dibagi
    berdasarkan manfaat produk
    yang diinginkan

  2. pengetahuan pembelian: mengetahuai tentang toko, lokasi produk di dalam toko tersebut, penempatan produk di toko tersebut.
  3. pengetahuan pemakaian: penting untuk mengetahui manfaat dari produk tersebut jika produk dikonsumsi oleh konsumen.
  • Sikap dan kepercayaan merupakan pengetahuan tentang suatu objek sehingga dapat mengevaluasi objek tersebut dan dapat menunjukkan suka atau tidak suka terhadap objek tersebut
  • Karakteristik sikap:
  1. memiliki objek
  2. konsistensi sikap -> terkadang tidak sesuai dengan perilaku karena faktor tertentu
  3. intensitas sikap
  4. resistensi siakp: sikap akan berubah karena berlalunya waktu
  5. keyakinan sikap: kepercayaan mengenai kebenaran setiap yang dimilikinya
  6. sikap dan situasi: situasi mempengaruhi konsumen terhadap sesuatu
  • Fungsi sikap :
  1. utilitarian: yang dikomunikasikan adalah manfaat produk
  2. ego-devensif: melindungi seseorang dari keraguan yang muncul dari dalam dirinya
  3. sikap (mempertahankan ego)
  4. value-expressive: menyatakan nilai, gaya hidup, dan identitas dirinya
  5. ekspresi nilai
  6. pengetahuan
  • Strategi mengubah sikap: mengorganisasikan produk dengan peristiwa atau kelompok
  • Model sikap:
  1. kognitif: pengetahuan tentang suatu objek
  2. afektif : perasaan emosi terhadap suatu produk
  3. konatif: kecenderungan untuk melakukan sesuatu

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s